3 Cara Mengatasi Artikel Web/Blog Tidak Terindex Oleh Google

3 Cara Mengatasi Artikel Web/Blog Tidak Terindex Oleh Google - Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwasanya fitur request indexing atau minta pengindekan manual telah dinonaktifkan sementara oleh pihak google sejak beberapa waktu yang lalu. 

Hal ini tentu berdampak kurang baik bagi blogger maupun pemilik situs website karena mareka tidak bisa meminta bot google untuk melakukan crawling atau perayapan pada situs yang mereka miliki.

Nah.. untuk mengatasi hal tersebut disini admin akan berbagi lagi trik sederhana bagaimana mempercepat proses pengindeksan, untuk itu silakan dibaca langkah-langkahnya dibawah ini.

Tambahkan sitemap ke google search console

Cara pertama yang dapat sahabat coba untuk mengatasi wesite atau blog tidak terindeks oleh google adalah dengan menambahkan kembali petasitus (sitemap) ke dalam google search console. Sahabat cukup klik disini untuk membuka google search console kemudian cari menu sitemap.

Bagi sahabat yang hendak membuat sitemap di blogger bisa membaca artikel dibawah ini.

Baca : Membuat XML Sitemap untuk Blog Terbaru

Gunakan fitur Test Live Url

Cara yang kedua ini dimaksudkan untuk memberitahukan bot perayapan google secara tidak langsung bahwa ada artikel kita yang belum terindeks. Untuk itu silakan gunakan fitur Url inspection yang ada pada google search console kalian.

Tambahkan url dari artikel anda kemudian tempel/paste pada kotak pencarian diatas lalu tekan enter pada keyboard. Tunggulah sebentar karena bot sedang mengecek url anda sudah terindex atau belum, jika belum gunakan fitur Uji URL Aktif (Test Live Url)

Ping manual ke webmaster tools

Lakukan cara ketiga ini setelah berhasil menjalankan cara pertama dan kedua, dengan cara ping ke webmaster tools. Dengan ping ke webmaster juga seolah-olah kita mengingatkan google bahwa ada url dari blog atau website kita yang belum di indeks. Berikut url untuk ping ke google webmaster tools :

http://www.google.com/ping?sitemap=https://dhika.my.id/sitemap.xml

Silakan diganti yang admin tandai diatas dengan alamat blog atau website kalian ya.

Bagaimana, mudah kan?

Itu tadi bagaimana caranya mengatasi artikel web atau blog yang belum terindeks oleh google. Jika pembahasan kali ini dirasa membantu, silakan share artikel ini biar teman-temanmu juga terbantu.

Selamat mencoba.

Blogger, Content Creator, Graphic Designer, UI / UX Designer.

Post a Comment

© DhikaMedia. All rights reserved. Developed by Jago Desain